Coban Canggu - Pacet, Mojokerto

Air Terjun Coban Canggu memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan batu cada yang kokoh di dindingnya.  Di bawah terjunan air ini terdapat kolam penampungan yang dapat digunakan untuk bermain air atau sekedar berendam.

Obyek wisata ini berada tak jauh dari Kawasan Wisata Pacet di lereng utara Gunung Welirang pada ketinggian ± 800 meter dpl.  Lokasinya hanya beberapa ratus meter dari pintu masuk utama kawasan wisata tersebut.


Lokasi

Terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Propinsi Jawa Timur.

Aksesbilitas

Berjarak 30 km dari pusat kota Mojokerto atau sekitar 3 km dari pusat kota Pacet arah selatan.  Akses menuju kesana sangat mudah untuk dikunjungi baik dengan kendaraan roda empat ataupun roda dua dengan kondisi jalan yang sudah baik.

Untuk menuju Kawasan Wisata Pacet ada banyak rute yang bisa ditempuh:
Jika ditempuh dari Mojokerto kita bisa lewat rute Mojokerto – Pacet dengan jarak tempuh 30 kilometer, atau bisa lewat rute Mojokerto - Mojosari – Pacet yang berjarak sekitar 40 kilometer.

Jika dari Surabaya bisa lewat rute Krian – Mojosari – Pacet, atau lewat rute Sidoarjo – Gempol – Mojosari – Pacet. Kedua rute ini berjarak sekitar 60 kilometer dari Surabaya.

Sedangkan jika dari arah Pasuruan dan kota-kota di wilayah “tapal kuda” bisa lewat rute Gempol – Pandaan – Prigen – Trawas – Pacet, atau bisa lewat rute Gempol – Mojosari – Pacet.

Juga dari arah Malang bisa lewat rute Pandaan – Prigen – Trawas – Pacet, atau lewat rute Batu – Cangar – Pacet.

Sesampainya di lokasi parkiran perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melewati anak tangga naik turun yang jumlahnya puluhan dan melewati jalan setapak penuh kelok serta menyeberangi beberapa aliran air.  Jarak tempuh menuju air terjun ini sekitar 0,5 km yang dapat ditempuh sekitar 1/2 jam.

Tiket dan Parkir

Harga tiket masuk adalah Rp 2.500 per orang.

Fasilitas dan Akomodasi

Ada tempat peristirahatan berupa gazebo sederhana dan kamar mandi tak jauh dari lokasi air terjun berada.  Sayangnya keduanya rusak dan tak terurus.  Juga di sekitar lokasi inii (di awal naik tangga) banyak ditemui warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan.
Wisata Lain

Air Panas Padusan yang terletak sekitar 500 m dari lokasi air terjun.

Subscribe My Blog