Air Terjun Grenjengan - Pacet, Mojokerto

Air Terjun Grenjengan berada d ilokasi Kawasan Wisata Pacet di lereng utara Gunung Welirang.  Tak jauh dari lokasi air terjun ini terdapat air terjun lain yaitu Coban Canggu.

Lokasi

Terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Propinsi Jawa Timur.
 
Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 30 km dari kota Mojokerto atau sekitar 3 km dari pusat kota Pacet arah selatan.  Akses menuju ke Kawasan Wisata Pacet ini sangat mudah, bisa dengan kendaraan roda dua atau empat dengan kondisi jalan yang sudah baik. 

Sesampainya dii pintu masuk utama di kawasan wisata ini perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki dengan mengambil belokan ke kanan ke arah jalan tanah yang sempit dan menanjak, juga melewati aliran sungai kecil sejauh kurang lebih 1 km.

Untuk menuju Kawasan Wisata Pacet itu sendiri ada beberapa rute yang bisa ditempuh:

Jika ditempuh dari Mojokerto kita bisa lewat rute Mojokerto – Pacet dengan jarak tempuh 30 kilometer, atau bisa lewat rute Mojokerto - Mojosari – Pacet yang berjarak sekitar 40 kilometer. 

Jika dari Surabaya bisa lewat rute Krian – Mojosari – Pacet, atau lewat rute Sidoarjo – Gempol – Mojosari – Pacet. Kedua rute ini berjarak sekitar 60 kilometer dari Surabaya.

Sedangkan jika dari arah Pasuruan dan kota-kota di wilayah “tapal kuda” bisa lewat rute Gempol – Pandaan – Prigen – Trawas – Pacet, atau bisa lewat rute Gempol – Mojosari – Pacet.

Juga dari arah Malang bisa lewat rute Pandaan – Prigen – Trawas – Pacet, atau lewat rute Batu – Cangar – Pacet.

Fasilitas dan Akomodasi

Lokasi air terjun ini sepertinya tak dikelola dengan serius oleh pemerintah setempat.  Hal ini terlihat dari beberapa fasilitas yang belum tersedia seperti jalan setapak masih berbatu dan sempit sehingga menyulitkan pengunjung datang terutama bila saling berpapasan.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 5000/orang.

Wisata Lain

Air Panas Padusan yang berjarak sekitar 800 m.

Subscribe My Blog