Pesona Pantai Bentar Probolinggo

Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, selama ini lebih dikenal dengan Gunung Bromo. Namun, siapa sangka, kabupaten yang memiliki komoditi unggulan berupa mangga ini ternyata mempunyai obyek wisata pantai yang mempesona.

Obyek wisata yang baru dikembangkan Pemerintah Kabupaten Probolinggo sejak tahun 2005 melalui trisula obyek wisata (Gunung Bromo, Pantai Bentar, dan Sungai Pekalen) ini tak kalah indah dibandingkan Pantai Pasir Putih Situbondo ataupun Obyek Wisata Bahari Kabupaten Lamongan. Letaknya juga terbilang cukup strategis dan mudah dijangkau. Dari jantung Kota Probolingo, anda hanya menempuh sekitar 7 kilometer ke arah Situbondo. Pantai Bentar terletak di pinggi jalan nasional Probolinggo-Situbondo.
Pantai Bentar selain menawarkan keindahan hutan mangrove dan pemandangan hiu tutul, juga keindahan Pulau Sritanjung yang letaknya tak jauh dari sana. Wisatawan bisa berlayar ke pulau itu lewat dermaga yang disiapkan di sana.

Pantai seluas 2,5 hektar itu menawarkan beragam fasilitas, mulai dari gazebo, arena permainan anak, hingga panggung terbuka untuk kegiatan pesta maupun acara lainnya. Para wisatawan disediakan perahu untuk menyisir pantai menyaksikan hijaunya hutan bakau dan birunya laut di sana. Bukan itu saja, dari perahu itu para wisatawan akan bisa menyaksikan kawanan hiu tutul yang biasanya berenang di sekitar Pantai Bentar. [Anjungan Pantai Bentar dan kawasan pejalan kaki


Untuk masuk ke obyek wisata itu juga tak menguras kantong. Tiket masuknya tak lebih besar dari satu lembar uang lima ribu rupiah. Cukup murah, buat kawasan yang seeksotis Pantai Bentar.
Sementara itu, obyek wisata Pulau Sritanjung atau masyarakat setempat menyebutnya dengan Pulau Tangis jaraknya tak jauh dari sana. Pulau itu bisa dilihat dengan mata telanjang dari bibir pantai. Perahu pun tersedia dan siap membawa wisatawan ke sana untuk menikmati indahnya pasir putih di sana. "Tak lama, hanya 15 menit dari sini," ujar Sanip, salah seorang pedagang di kawasan Pulau Bentar. 
Selain menikmati panorama alam pantai, anda juga akan dimanjakan kuliner khas Probolinggo semisal rawon, soto koya (soto yang ditaburi gorengan parutan kelapa), dan aneka buah khas sana. Jajanan yang tersedia juga relatif tak menguras kantong alias murah-murah. Di samping itu, anda juga bisa berburu cendera mata khas Probolinggo dan Jawa Timur umumnya. Penasaran, silahkan buktikan pesona Pantai Bentar di Kabupaten Probolinggo ini.










Subscribe My Blog